"Green Canyon Indonesia"

Pangandaran, suatu kawasan wisata alam yang terletak di bagian selatan Jawa Barat. Kawasan ini memang pernah mengalami bencana alam tsunami, yang merenggut tidak sedikit nyawa dan menyebabkan kerusakan tempat-tempat wisata. Kawasan wisata Pangandaran ini memiliki fitur budaya yang menakjubkan, seperti taman wisata alam (cagar alam) yang mempunyai beberapa tempat wisata, pantai timur dan barat pangandaran, dan Green Canyon.

Gambar 1. Pantai Batu Karas Pangandaran, Jawa Barat

Green Canyon ini terletak di dekat pantai Batu Karas, merupakan site dengan aliran air sungai Cijulang yang berwarna hijau jernih dan dikelilingi oleh tebing-tebing atau goa alami. Kawasan wisata ini sangat menakjubkan dan menjadi suatu keharusan untuk dikunjungi. Kita akan menemukan batas pencampuran air laut dan air sungai pada batas batu loncat. Selain pemandangan yang mencengangkan mata, kita juga dapat berenang dititik batu loncat sampai titik bersejarah (tempat berdoa masyarakat leluhur Pangandaram).

Gambar 2. Green Canyon Pangandaran, Jawa Barat

Site batu loncat, disamping pemandangan yang luar biasa kita juga dapat melakukan loncatan ke dalam air dari sebuah batu yang diperkirakan memiliki ketinggian 6-7 meter. Hal ini tentu akan memicu adrenalin bagi yang melakukan terjun tersebut. Setelah lelah melakukan loncatan kita dapat mengunjungi tempat bersejarah, dengan pemandangan tebing yang sangat indah. Bagi kalian yang pernah mengunjungi Green Canyon pasti memiliki keinginan untuk kembali ke tempat wisata ini.

Gambar 3. Green Canyon Pangandaran, Jawa Barat

Pangandaran dengan sejuta potensinya, memang judul flyer yang pernah saya baca di Pangandaran. Kalimat tersebut memang tepat sekali menunjukkan keindahan dan budaya yang ada di Pangandaran, Jawa Barat ini. Kawasan wisata alam yang indah, kebudayaan daerah yang menarik dan hal yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menikmatinya dengan menjaga kelestarian kawasan wisata ini. Sehingga Pangandaran akan tetap cantik seperti adanya saat yang lalu dan sampai sekarang.


_adil m. firdaus_

Comments

Popular posts from this blog

Sebuah Filosofi Tentang Air dan Laut

Pesona Negeri Bahari, Banda Neira