2nd Lumaku Foundation

Lumaku Foundation kembali mengadakan kegiatan untuk yang kedua kali, dalam kegiatan ini kami bertujuan untuk berbagi ilmu yang kami miliki untuk adik-adik di Panti Asuhan. Fokus kami adalah belajar dan mengajar, kami tidak hanya mengajar akan tetapi dalam mengajar tersebut kami pasti mendapat pembelajaran yang baru. Kegiatan kedua kami berbeda dengan kegiatan pertama kami, dimana pada kegiatan pertama kami melakukan bakti sosial untuk adik-adik di Panti Asuhan Nurul Yakin. Akan tetapi pada intinya kami hanya ingin melihat senyuman adik-adik kami, apapun kegiatan yang kami lakukan.
Gambar 1. Kebersamaan Tim di Panti Asuhan Putri Bunda

Kegiatan kedua kami lakukan pada tanggal 29 April 2012 di Panti Asuhan Putri Bunda, Dramaga, Kabupaten Bogor. Panti Asuhan ini memang panti khusus untuk adik-adik putri, walaupun demikian kami berusaha untuk menyesuaikan diri dengan adik-adik di panti. Kegiatan belajar mengajar yang kami lakukan terbagi menjadi dua kegiatan utama, pertama tentunya kegiatan belajar mengajar dan kedua adalah permainan. Pada kegiatan belajar mengajar, kami belajar dan mengajarkan tentang “apa itu retorika”, “media massa”, “kewirausahaan”, dan “bercocok tanam”. Kegiatan kedua, kami melakukan permainan-permainan tradisional seperti permainan pada saat 17-an berlangsung.

Selama kegiatan berlangsung kami sangat berbahagia dan berterima kasih, adik-adik panti asuhan sangat antusias dengan kegiatan yang kami adakan. Kami mendapatkan pelajaran yang luar biasa, dimana ada kebersamaan diantara tim dan adik-adik panti asuhan. Kebersamaan yang belum tentu kami dapatkan didalam keseharian kami baik dikantor maupun dikampus. Selain tim kami yang bertambah solid, kami juga mendapatkan saudara baru. Pengorbanan memang dibutuhkan dalam suatu organisasi yang kita geluti, tapi hal-hal yang terkandung didalam merupakan ada suatu proses pembentukan diri.

Gambar 2. Antusias Adik-Adik Panti Asuhan Putri Bunda

Pembelajaran yang dapat diambil adalah berbagi dapat membuat diri kita menjadi bahagia. Kebahagiaan pada dasarnya sangat diperlukan dalam perjalanan kehidupan kita. Walaupun dalam proses mencari kebahagiaan mungkin terdapat beberapa rintangan, namun seperti yang dikatakan orang “buah dapat dipetik pada akhir menanam tanaman.” Demikian hasil kegiatan Lumaku Foundation yang dapat dibagi, semoga tulisan singkat ini dapat mengingatkan kita semua bahwa “dilingkungan kita atau pun diluar lingkungan kita masih banyak yang membutuhkan bantuan kita.” Terima kasih kepada pihak-pihak yang telah menggugah hati saya untuk menulis ini, khususnya kepada Lumaku Foundation. Mari kita lanjutkan perjuangan! ^^, ....

Comments

Popular posts from this blog

Sebuah Filosofi Tentang Air dan Laut

Pesona Negeri Bahari, Banda Neira