Sebuah Opini Untuk Kotaku : “Kota Bogor Harus Berbenah Diri”

Kota Madani yang nyaman bersih indah menjadi idaman setiap masyarakat di Kota manapun, hal yang sama diidamkan oleh masyarakat kota Bogor. Perkembangan kota Bogor memang terasa begitu cepat, pembangunan seperti mall, ruko, perumahan dan lain sebagainya berlangsung seakan-akan tidak terarah. Konsep tata kota saat ini menjadi tidak jelas, perbaikkan jalan tidak pernah ada henti-hentinya. Walaupun memang tercantum dalam visi kota Bogor sebagai kota perdagangan, namun apakah harus mengenyampingkan ketidaknyamanan yang dirasakan oleh masyarakat kota Bogor. Berikut tertulis visi dan misi kota Bogor tahun 2010 sampai 2014 (Sumber : http://www.kotabogor.go.id/sekilas-bogor/visi-dan-misi) :

VISI KOTA BOGOR 2010 - 2014
"Kota Perdagangan dengan Sumber Daya Manusia Produktif dan Pelayanan Prima"

MISI KOTA BOGOR 2010 - 2014
1. Mengembangkan perekonomian masyarakat yang bertumpu pada kegiatan jasa perdagangan.
2. Mewujudkan kota yang bersih dengan sarana prasarana transportasi yang berkualitas.
3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan penekanan pada penuntasan wajib belajar 12 tahun, serta peningkatan kesehatan dan keterampilan masyarakat.
4. Peningkatan pelayanan publik dan partisipasi masyarakat.

Kota Bogor saat ini berkembang menjadi kota yang padat lalu lintas dan panas suhu udara. Kendaraan roda empat dan dua yang tumbuh, belum diatur dengan baik. Kemacetan ini dapat diselesaikan dengan perbaikkan kedisiplinan pengendara, dengan diawasi ketatnya aturan dan pengontrol lalu lintas (Polantas maupun DLLAJ). Hal ini dapat dilakukan ketika Pemerintah Kota belum dapat memberikan atau memperbaikki infrastruktur jalan raya kota. Selain padat lalu lintas, perubahan suhu udara kota Bogor yang sangat berbeda pada masa sejuk kota Bogor dahulu. Tanaman kota, lahan kebun atau sawah sudah berubah menjadi bangunan Mall atau perumahan. Hilangnya tanaman dan pohon-pohonan di kota Bogor ini telah menjadikan naiknya suhu kota Bogor. Oleh karena itu, solusi yang dapat ditawarkan hanyalah menanam kembali pohon-pohon rindang dan juga membuat taman-taman kota multifungsi (sebagai tempat olahraga ataupun tempat wisata kuliner atau bahkan tempat membaca/perpustakaan taman). Yuk kita perbaikki kota Bogor..untuk kenyamanan kita bersama. ^^,

Comments

Popular posts from this blog

Sebuah Filosofi Tentang Air dan Laut

Pesona Negeri Bahari, Banda Neira